Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09 Administrator

 

Desa Nanjungwangi adalah salah satu desa baru di kecamatan Surian Kabupaten Sumedang yang berdiri tanggal 22 Desember 2011 berdasarkan Perda Kabupaten Sumedang Nomor 16 tahun 2011 tentang Pembentukan Desa-Desa Baru Hasil Pemekaran Desa Tahun 2011 di Kabupaten Sumedang, dan jalannya pemerintahan resmi pada tanggal 25 Maret 2012 Desa Nanjungwangi adalah Desa kecil dan merupakan hasil pemecahan dari Desa Tanjung kecamatan Surian kabupaten Sumedang. Penduduk Desa Nanjungwangi pada awal berdiri berjumlah 893 jiwa yang terdiri dari :

  • Laki-laki : 456 jiwa
  • Perempuan : 437 jiwa
  • Jumlah KK : 307 KK

Tersebar di 2 dusun yaitu Dusun Nanjung dan Dusun Nanggerang, terdiri dari 2 RW dan 8 RT. Awal pemerintahan Desa Nanjungwangi berdiri, kantor pemerintahannya berada di Dusun Nanggerang dengan menggunakan Balai Dusun, dan kepala pemerintahnnya adalah di jabat sementara oleh Bapak Takrim sutrisno, dan dibantu oleh 1 sekretaris Desa, 3 orang Pelaksana Teknis lapangan. Dengan ukuran ruangan yang mampu menampung 4 meja untuk sekretariat dan 1 kamar untuk kepala desa  dan Sekretaris Desa.

Dengan bermodalkan satu unit komputer  hasil pinjaman dari pihak donatur dan dengan kemampuan sumber daya perangkat seadanya pemerintahan Desa Nanjungwangi mencoba dengan perlahan lahan menata dan meniti keberadaan desa, dan mencoba bekerja keras untuk melayani masyarakat.

Pemberian nama Desa Nanjungwangi pada waktu itu  berdasarkan hasil musyawarah antara para tokoh pemekaran, tokoh Masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Selanjutnya pada tanggal 15 Juli 2012 diadakan pemilihan kepala desa definitif periode 2012 - 2018 yang di ikuti oleh 4 Orang calon kepala desa, dan surat suara terbanyak menunjuk pada salah satu nama yaitu Bapak Takrim Sutrisno, kemudian Pada tanggal 18 Juli 2018 dilakukan pelantikan serentak para kepala desa terpilih oleh Bupati Sumedang dengan SK Bupati Nomor : 141.1/KEP.257-BPMPD/2012 tentang Pengesahan pengangkatan para calon terpilih kepala desa di Kabupaten Sumedang sebagai Kepala Desa definitif periode 2012 - 2018.

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Desa Nanjungwangi yang dapat kami sampaikan, jangan lupa share di medsos dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Dokumen Lampiran: perda pemekaran desa

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

lokasi kantor

Aparatur Desa

Sinergi Program

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung